Cara Menghilangkan Tanda Silang di Baterai Pada Windows 7

Cara Menghilangkan Tanda Silang di Baterai Pada Windows 7

Bagi pengguna laptop yang sistem operasinya Windows 7 mungkin perna atau dan akan mengelami masalah pada tanda baterai yang di silang merah oleh sistem dengan pesan tambahan selain persentase baterai juga tulisan “consider replacing your battery”  di bawahnya.

Perlu diketahui bahwa notifikasi ini muncul ketika Windows 7 mendeteksi bahwa kapasitas baterai laptop Anda sudah kurang dari 40% kapasitas seharusnya, dan karenanya sudah selayaknya diganti. Namun demikian, sudah banyak laporan dari pengguna Windows 7 di berbagai pelosok dunia yang menyatakan bahwa kadangkala Windows 7 salah dalam mendeteksi kapasitas baterai laptop. Bahkan pernah ada seorang pengguna yang sudah mengganti baterai laptopnya dengan yang baru namun masih tetap mendapatkan notifikasi ini.

Terlepas dari akurat tidaknya Windows 7 dalam mendeteksi kapasitas baterai laptop, rasanya kita sepakat bahwa baterai laptop adalah barang yang mahal. Jadi selama masih bisa digunakan dengan baik (walaupun sudah kurang dari 40% kapasitas ideal), ya tidak perlu diganti. Saya pribadi beranggapan bahwa selama baterai laptop masih bisa bertahan di atas 30 menit maka belum saatnya diganti.
Apabila Anda mengalami masalah “consider replacing your battery” seperti di atas, Anda tidak perlu panik ataupun buru-buru merogoh kocek dalam-dalam untuk membeli baterai laptop baru. Ada suatu cara sederhana untuk menghilangkan notifikasi yang mengganggu tersebut. Berikut langkah-langkahnya:
  • Charge baterai anda sampai full (99% – 100%), setelah itu matikan laptop Anda. Sampai tahap ini jangan dulu cabut charger-nya.
  • Hidupkan laptop Anda lalu tekan F8 berulang-ulang sampai muncul menu Advanced Boot Options. Pilih Safe Mode.

  • Setelah sudah masuk ke dalam Windows Safe Mode, barulah cabut charger baterai laptop Anda.

  • Biarkan saja laptop menyala sampai mati sendiri karena baterainya benar-benar habis. Sangat disarankan untuk tidak mengoperasikan laptop Anda selama proses ini. Biarkan saja sampai laptop mati sendiri.
  • Setelah mati, pasang kembali charger laptop Anda, lalu nyalakan kembali laptop Anda dengan normal. Hasilnya…semua kembali normal! Notifikasi “consider replacing your battery” dan tanda silang merah di icon baterai tidak muncul lagi.

Teknik di atas pada dasarnya adalah suatu cara untuk mengkalibrasi kapasitas baterai laptop Anda. Dengan menjalankan laptop mulai dari kondisi awal baterai penuh (kapasitas 100%) sampai benar-benar habis (kapasitas 0%), maka Windows 7 jadi “tahu” kapasitas sebenarnya (real capacity) dari baterai laptop, dan secara otomatis men-setting ulang parameter-parameter yang berkaitan dengan baterai laptop tersebut.

Cara ini sudah dicoba ke 2 laptop berbeda, yaitu HP dan Acer, dan terbukti keduanya berhasil dengan sukses. Jadi, Anda sekarang tidak perlu bingung lagi apabila mendapat notifikasi “consider replacing your battery” di laptop Anda.
Catatan
Berdasarkan penjelasan engineer Windows 7 dalam salah satu rilis resmi di website Microsoft, dijelaskan bahwa sebenarnya notifikasi ini awalnya diniatkan untuk menjadi salah satu fitur andalan di Windows 7 (hal ini tidak ada di Windows XP ataupun Windows Vista), yang tujuannya adalah untuk memberi tahu pengguna bahwa baterai laptopnya sudah aus dan karenanya sudah waktunya diganti.
Namun pada kenyataannya, banyak pengguna Windows 7 yang merasa terganggu dengan munculnya notifikasi ini. Sebagian ada yang memperdebatkan bahwa batas (threshold) 40% dinilai terlalu besar mengingat pada kapasitas 30%-an dari kapasitas ideal pun baterai laptop umumnya masih sanggup bertahan sekitar 1 jam, dan ini dirasa masih cukup memadai bagi pengguna laptop. Selain itu harga baterai laptop yang lumayan mahal membuat banyak pengguna enggan mengganti baterai laptopnya kecuali kalau sudah benar-benar rusak.
Namun tak sedikit pula yang menganggap “fitur” ini sebagai bug, mengingat banyaknya kasus dimana Windows 7 terbukti salah dalam mendeteksi kapasitas sebenarnya dari baterai laptop. Saya pribadi termasuk yang menganggap hal ini sebagai bug! Mengapa? Karena ketika laptop HP saya mendapat notifkasi ini saya melakukan pengujian dengan men-charge baterai sampai penuh kemudian masuk ke Windows normal (bukan Safe Mode) lalu memilih option Power Saver dan mendiamkannya.
Hasilnya, hanya dalam waktu 48 menit laptop saya sudah mati (baterai habis). Ketika sudah saya kalibrasi dan notifikasinya sudah hilang, saya lakukan hal yang sama. Saya charge sampai penuh kemudian masuk Windows normal lalu memilih Power Saver dan mendiamkannya. Hasilnya sungguh berbeda! Butuh waktuh 1 jam 24 menit sebelum akhirnya laptop saya mati karena daya di baterai habis. Jadi ada beda sekitar 40 menit disini, dan menurut saya selisih 40 menit ini sungguh sangat signifikan.
Kesimpulannya: Microsoft nampaknya memang masih harus banyak kerja keras untuk memperbaiki bug “consider replacing your battery” ini.
Sumber : http://www.kampusti.info

Tentang Juansyah

Bekerja dan Berdo'a adalah modal keberhasilan.

Posted on 14 Juli 2012, in Komputer, Laptop, Teknologi Informasi, Tips & Trik and tagged , , . Bookmark the permalink. 61 Komentar.

  1. Pak klo mslh laptop lambat saat dicharge itu kenapa ya ?

    • lambah cak mano, kalo program kemungkinan bios dari laptop tersebut ada masalah bisa diupdate ulang untuk file updatenya download dari situs resmi laptop misal acer dari site resmi acer, kalo isi nya lamban penuh kemungkinan adaptornya bermasalah jika batrenya masih anyar jika batrenya sudah lama kemungkinan juga batrenya. smoga bermanfaat, ada yang menanggapi atau sudah mengalami hal serupa ?

  2. trims gan’ luarbiasa infonya

  3. Aku pernah menjalankan hal spt di atas yg pertama berhasil. Namun setelah beberapa bulan muncul kembali tanda silang pada battery. Saya coba melakuan kembali setting spt di atas, hasilnya tidak mau mau berubah.(Tanda silang tetap ada). Padahal battery masih mampu ertahan 1jam 30 menit
    Mohon bantuannya cara pengatasannya

  4. tp bisa ngusak PC leptop nih kalo dlm kondisi safe mode dibiarkan smpai leptop mati total itu sama dengan menghidupkan leptop dalam tiba2 batre & charger dicabut, nahhhh kan ngrusak PC

    • Saya sudah pernah tetapi bukan dengan safemode tetapi memang benar melepaskan baterinya alias laptop hidup tanpa bateri lama sih sekitar 1 mingguan saya pakai laptop tanpa bateri (sangat beresiko) trus saya pang kembali baterinya ke laptop dalam keadaan laptop mati lalu saya hidupkan ketika pertama kali komputer nyala disudut kanan bawah ada keluar tooltips tentang bateri lebih kurang pertanyaan nya menyuruh kita mencontreng atau melepas contreng tentang Apakah komputer akan terus memonitor bateri buang saja contreng lambang batere normal control lagi silang lagi, semoga membantu.

  5. thx kak buat info ny, bner” membntu. Pdahl q udah frustasi gra” ni laptop#curcol

  6. puny q ox gag bsa T^T? Pa gra” safe mode ny saat windows 7 ny aktf trz tak restart? Cz puny q gag bs mncul boot advance ny saat tak hdupq laptop e. Mhon bntuan ny ‘n tlong krim k e-mail q kak d chimaya_913@yahoo.com

  7. NTAR SAYA COBA DEH KASIH PENU DULU NIH KALAU BERHASIL GUE JEMPOLL DEH GUE DOAIN SPAYA USAHANYA LANCAR,,,,GUE PUNYA NB200 TOSHIBA.

  8. HASILNYA…..

    CETTTAARRR MEMBAHANNAAA BOSSS
    MAKASSII YAA HEBAT BOSS..
    BANG KALAU LEPTOP LOBET TOTAL LLAGI DAN DI CAS BARU DI NYALAAIN TRUSS TIBA2 ADA LAGI TANDA SILANGNYA GIMANA DONK???
    KAN MERUSAK PC TUH BANG KALAU GITU TERUS..
    GIMANA BANG?

  9. ngapo tempat aku dak pacak yo

  10. makasi banyak ni mas… infonya sangat membantu,, kebetulan juga laptopku kasusnya sama seperti ini.

  11. maaf mas mau tanya apa ni juga bisa digunakan untuk batrey yg tiba tba mati saat kapasitas 50%, saya coba cek dengan batrey care wear level saya sudah mencapai 52 % mas, padahal ini belum genap setahun, dan mulai deh sering mati tanpa sebab, notifikasi juga tidak muncul, dulu muncul, saya gak utak atik apapun loh padahal, hemmm, saya jadi bingung gt mas, sekarang tiap menit saya periksa kapasitas batrey dan ternyata masih 64% tapi 5 menit berikutnya tiba-tiba mati, tanpa notifikasipengecasan , mohon bantuan mas, ada gak cara ngurangin persentase wear level dan biar gak gampang mati gt, maaf soalnya masih baru soal ginian :) , makasih

    • Kalo win7 keatas batre level otomatis nepel di sistem, kemungkinan – kemungkinan:
      1. adaptor nya ada masalah coba cek dengan adaptor teman ;
      2. salah satu sel batre ada yang soak (batre yang versi baru terdiri dari 6sel penyimpnan)
      3. cek tegangan listrik di tempat apakah dibawah rata-rata misal dibawah 160-240 W;
      4. jika semuanya bagus, masih garansikan kembalikan ke garansi lagi.
      5. coba lepas batre dan pakai laptop tanpa batre untuk beberapa minggu (tapi sangan berisiko terhadapt Hard Disk) bisa bisa jebol hard disk jika listrik tidak stabil, trus masukkan kembali batrenya setelah beberapa minggu ketika batre di kembalikan posisi laptop harus mati [shutdown] bukan hibernate dan sebagainya.

      Semoga membantu bagi teman yang punya solusi silahkan berbagi dengan kita,…..

  12. Maaf gan… saya sudah coba tapi hasilnya nihil. Tolong infonya, atau mungkin ada cara lain.

  13. gan, tetep aja.
    ad gmbr merah nya,
    tolong ada cara lain gak gan??

  14. punya saya kok blum berhasil..
    lepi udah 2th, os aslix pake xp, trus ane upgrade ke win7, di batre ada tanda x, trus udah ane praktekin tuh cara diatas, tapi kok tetep ada tanda x nya???

  15. punyaku toshiba L745,udah coba trik diatas tp ga berhasi(tanda silang msh ada) pdhl safe mode msh bs brtahan 45 mnit’an

  16. senasib ngumpul disini ikutan ngilangin risi ngilangin tanda silang merah gan

  17. makasih infonya, salam senasip………..

  18. kalau ganti baterainya pake Accu Yuasa 12 volt ga bakalan muncul tanda silangnya gan..
    Ane dah coba & terbuktjh berhasil. malah yg dicharge bukan laptopnya, tapi aki nya tiap 4 bulan.

  19. saya pake thosiba L630, udah coba trik ny, tapi koq ga berhasil ya? masih ada notifikasi ny..

  20. saya pake Laptop Dell D520, gmna saya mau ngcas sampe 100%… ?? sedangkan ni aja di cas trus tetap aja 80%.
    kira-kira bisa gak 80% aja.. saya coba.

    • Kemungkinan ada salah satu cell batre bermasalah alias rusak.
      karena setiap batre memiliki cell (kantong) ada yang 3 cell yang terbaru 6 cell.
      Atau ada masalah dengan adaptor coba pinjam adaptor teman untuk melihat kinerja batre tadi.

      Semoga membantu….

  21. mas broo mho bantuan.a . . . .
    lepi saya kebetulan terkena problem kyk gni.. ane dah nyoba trik ini tapi te2p ajah e.gmna yo? Lepi saya type Acer Aspire 4253 . . .

  22. syahril zpoiler

    thanks

  23. LAPTOP aku pernah dipake sodara aku selama kurang lebih 2 bulan eh waktu kembali batray keluara tanda silang aku jadi pengen marah.PENYEBABNYA dia bilang waktu dipake batray laptop dilepas,padahal aku gk pernah lepas tuh batray.Siaaallllllllllllll………………………….

  24. permisi,,,
    mau share dong, baterai laptop saya juga seperti itu.
    saya udah coba ngelakuin cara yang ada diatas, tapi engga ada hasilnya :( laptop saya acer (aspire 4352)
    ditunggu infonya ya, thanks

  25. Dah q cb 2 x tuh gak bisa2. Tetep aja tanda silang, bkin rusak hdd aja neh

  26. Mas bro tombol f8 sudah saya tekan tapi g’ muncul2 tu save modenya?

  27. eko yulianto

    trims petunjuk n saran na gan..
    sangat membantu..
    keep doing great job..

  28. bener” T.O.P bangg

  29. aku udah tekan tuh tombol F8 beberapa kali, tp menu advanced boot option knp nggak keluar2 yaa?

  30. maaf mas mautanyani ,tanda silangnya hanya peringatan sajakan? atau apa?
    trus klo batrainya tetep dipake ,apa gak papa?
    thank….

  31. waduh mas broo,, kok ga muncul2 yang safemodenya, udah capek tangan saya pencet F8 terus

  32. Aku pernah menjalankan hal spt di atas tetapi tidak berhasil (tanda silang tetap ada) Padahal battery masih mampu bertahan 1jam
    Mohon bantuannya kak tuk cara mengatasinya!!! ‘N tlong krim k e-mail q kak di: fath_amha@yahoo.co.id

  33. Dulu saya pernah mengalami hal tersebut dgn laptop ASUS A43E, dan diperparah dgn tidak maunya baterai dicharge yg akhirnya laptop tak bisa hidup kalo tak dipasang adaptor baterai/cm adaptor saja.
    Saya kira baterainya rusak (baru beli laptop 7bulan), karena masih garansi saya coba ke service center. Ternyata mas disana bilang coba diinstal ulang windows7 nya, kemungkinan windowsnya error karena dalam keadaan safe mode laptop masih mau bekerja. Dan ternyata berhasil 100%, baru muncul lg setelah lebih kurang 1tahun setelah instal ulang dgn pemakaian normal (baterai terpasang)
    Jd jika masih muncul, coba instal ulang.

  34. Mas pas coba untuk melalukan proses sama dengan proses yg di atas,ampek selesai proses nya..
    pas di hidupkan lagi tapi tanda silang tetep adda ja…
    ASpire 4738Z…
    %Tolong bantuan nya..

  35. klo udah nyobak tp masih tetep, gmna?

  36. Gunakan indikator lampu untuk mastikan batre 100%, jangan menggunakan indikator di windows.

  37. gan . batre nb acer ,bacaan nya no battery is detected m padahal batre nya ada gan , jadi gimana tuh gan ? masak iya saya mau memakai harus di charger dulu gan . mhon balasan nya gan

  38. thanx gan..
    100% succes..
    walaupun nggu mpek ngntuk..

  39. nanya gan…..
    Notebook saya acer AO722 masalahnya agax berbeda dikit gan, biar lbih jelas saya ceritakan sdikit deh kronologisya biar bisa dimengerti. :) Kmarin pas liburan laptop saya tidak pernah saya pakai selama 1-2 bulan, dan batery nya saya lepas selama 1-2 tsb. Tpi setelah saya selesai liburan dan mulai mengoperasikan kembali notebook saya, eh tiba2 baterynya 0% dan kalau di charging emang masuk gan, akan tetapi daya nya tidak brtambah (masih 0%), dan tulisan available (plugged in, not charging), nah jdi saya mohon sulisanya gan???? apakan batery saya tsb harus saya ganti atau bisa diperbaiki???? Trm kasih.

    • Kalo baterainya dicopot didak perlu ganti batre. Coba pasang adaptornya untuk beberapa jam tetapi laptopnya jangan dihidupkan dulu hitung-hitung denalan lagi dengan hardwarenya he…, kalo bisa lampu batre sudah warna hijau bukan kuning lagi coba hidupkan laptopnya. semoga membantu….

  40. beneran di windows XP kagak bisa????

  41. Tanya gan, pada saat kita menunggu di wondows safe mode apakah bisa di tinggal tidur ?? nunggu lowbet lumayan ngantuk nih :D
    klu udah pagi pasti tuh laptop udah tewas, tinggal charger lagi lalu hidupkan ke windows normal

  42. terimakasih, info ini sangat membantu saya, sukses selau.

  43. terima kasih atas informasinya,sangat membantu sekali.kalau bisa ada forum tanya jawab masalah yang berkaitan dengan laptop atau notebook terima kasih,santoso.

  44. Bro.. Saya sudah pernah coba cara itu bisa, tetapi saat ingin menyalakan lagi laptop saya kok muncul lagi gambar silangnya -_-” itu gimana Bro.. Apa harus beli baterai baru #Mahal, atau service?

  45. Saya mencoba d laptop saya acer,,hasilnya lgi sya tunggu..thanks

  46. untuk yg mengalami masalah “tandanya masih ada” berarti kemungkinan baterai nya memang sudah aus… kalau tidak coba ke sini http://winpoin.com/cara-menghilangkan-tanda-silang-merah-di-notifikasi-baterai-windows-7/
    kebetulan ketemu blog ntu pas lg browsing .
    maaf ya min ,numpang lampirin blog orang,siapa tau bsa ngebantu yg membutuhkan… keep smile

  47. Terimakasih banyak gan :) sangat membantu :)

  48. kok masih tanda x nya????

  49. sdh brapa kali coba tapi nda’ berhasil, ada cara lain ngg’…

  50. alhamdulilah seperti cara d atas sy berhasil.

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 273 pengikut lainnya.

